Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk





Berikut cara merawat kucing tanpa induknya :
1. Bersihkan anak kucing anda sesering mungkin terutama setelah dia bangun tidur, karena nanti kotoran matanya akan menempel di mata dan membuat dia susah untuk melek jikalau kotorannya tidak dibersihkan. Pakai air hangat2 kuku untuk membersihkan badan untuk mengurangi efek dingin ke si anak kucing dan gunakan kapas yg dibasahi untuk membersihkan badannya.
2. Jangan memberikan anak kucing anda susu kental manis ataupun susu untuk orang dewasa karena mengakibatkan rusaknya pencernaan anak kucing anda, gunakan susu formula untuk bayi. Jika bingung menyuapi susunya anda bisa membeli dot khusus untuk anak kucing atau gunakan kapas basah dan diteteskan perlahan. (INGAT ! jangan menyuapi minuman langsung secara lurus ke dalam rongga mulutnya, teteskan perlahan dari SAMPING mulutnya, pemberian minum secara lurus langsung bisa mengakibatkan air masuk ke rongga paru2 si kucing !)
Jika susah nyari susu bisa pakai air putih biasa.
3. Kalau anak kucing anda rewel ya biasanya kalau tidak minta susu ya minta makan, klo sudah makan/minum biasanya saya kasih dia tidur di boneka saya yg modelnya berbulu tebal untuk memberikan efek nyaman ke si anak kucing (biasanya malah ada yg ngedot di boneka saya hehehe..)
4. Khusus untuk makanan anak kucing anda ada banyak macam produk yg ada di pasaran, kebetulan saya menggunakan produk Whiskas untuk anak kucing bayi 0-6 bln klo tidak salah. Jgn memberikan nasi ataupun yg berat2 ke anak kucing anda, pencernaannya belum siap untuk menerimanya, salah2 malah jadi mencret2 biasanya.
5. Sediakan box khusus untuk membiasakan dia kencing atau pup, pakai tisu atau koran atau bisa menggunakan pasir khusus.
6. Telaten, sabar dan memahami kebutuhan anak kucing anda adalah kunci untuk merawat binatang anda

26 komentar:

  1. wah kucing yang baru saya temukan di jalan gan
    baru aja aku mandikan trz aku hedrayer
    teruz aku jemur gn tuh gag ada afek" apa"kan?

    truz soal makannan nya gan...
    aku kasi susu kental manis campur roti tuhh gimana gan??? jawap ya...

    BalasHapus
  2. Bisnis Online Yang Menjadikan Facebook Sebagai
    Media/Sarana Penghasil Uang Dengan System Terbaru
    Komisi 100% Untuk Anda ,dengan hasil yang luar biasa dan sangat mudah dijalankan,
    dan satu lagi,bagi yang mempunyai blog,blog anda akan bertambah fungsi sebagai mesin penghasil uang anda.
    Klik atau copy paste link berikut:

    http://tinyurl.com95tbzuv

    Apabila anda bergabung sekarang kami berikan cashback sebesar 50%

    sms:085641877372 atau email saya: xtshop30@gmail.com

    BalasHapus
  3. kucingku perutnya kok gendut..??

    BalasHapus
  4. knp y kucing aq gk mw mkan ikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kucingnya vegetarian (^_^) V

      Hapus
  5. wah makasih mbak penulis.. aku mau merawat kucing terlantar dan bikin penampungan. semoga nanti terlaksana.

    qoreader.com

    BalasHapus
  6. terima kasih ilmunya, senang sekali membaca tulisan cara merawat anak kucing, saya baru saja menemulan 5 anak kucing, tapi sayang i ekor meninggal karena badan lemas dan ditinggalkan induknya

    kunjung balik ya ke blog saya : http://pojokandigital.blogspot.com
    saya tunggu follow baliknya

    BalasHapus
  7. kk ku bwa kucing ke rmh mash kecil g mau mnum susu jdi agak kurus, itu harus gmna biar sehat kucing nya ??

    BalasHapus
  8. di rumahku kucing sering beranak hingga 4 ekor, lucu-lucu tapi sayangnya kadang ditinggalin ma induknya. susah juga sih ngerawat anak kucing kalo tidak ada panduannya. trims ya gan. ini sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  9. setiap abis pup bokong kucingku aku bersihkan pake tissue, tp kok dia malah meraung kesakitan yaa?
    itu kenapa ya gan?

    BalasHapus
  10. @ tamariska..
    Makanya jangan d sodomi kucing nya Gan...
    wkwkkwk

    BalasHapus
  11. sangat sangat berguna ni postingan, makasi kaaaks :)

    BalasHapus
  12. Kucing gue bulu item nya mbentuk gambar love .. :D sapa mau beli ..

    BalasHapus
  13. wah kucing aku makn whiskas sama minumnya SGM LLM+ presnutri yang bebas laktsa soalnya kucing gak bisa mencerna laktosa bisa diabetes atau mati lho

    BalasHapus
  14. Saya mau tanya, ane kan nemu kucing warna hitam masih kecil. namun kok jalan berapa langkah terus jatuh, sebelumnya ane bawa kerumah di hari pertama jalan biasa saja namun sekarang malah langkah terus jatuh dan kepala nya gerak kayak orang pusing tolong pencerahannya...?

    BalasHapus
  15. Permisi gan/ sist ikutan gabung ya salam kenal juga.
    oh iya hanya sekedar info saya jga punya bebrapa kucing persia dan himalayan yang siap adopsi lho.
    untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi link
    http://jualkucingpersiahimalayabekasi.blogspot.com/
    terima kasih ya ^_^

    BalasHapus
  16. thanks, berguna sekali infonya. izin numpang lapak ya ni ane ada kucing kitten persia siap adopsi, bagi yg minat silahkan check http://hewan-piaraan-aksesoris.tokobagus.com/kucing/kitten-persia-27927069.html

    thanks all :)

    BalasHapus
  17. makasih infonya
    kebetulan aku juga mengalami hal serupa...merawat anak-anak kucing yg ditinggal induknya...ada 4 ekor tinggal 1 yg bertahan hidup

    sekarang kucingnya udah gede umur 1,5 th & lg getol cari cewek (kucing betina) hehhehe...
    rasanya bangga juga bs ngerawat bayi kucing ampe dewasa

    pengalamanku ini kuceritain jg di blogku ...mampir ya ^_^
    justadria.blogspot.com


    BalasHapus
  18. ana mau nanya ni gimana kalo anak kucing nya cuma diberi air putih biasa apa ngga apa apa tu.....?

    BalasHapus
  19. gimana cara penanganan anak kucing yang baru 2 minggu ,induknya gak ada

    BalasHapus
  20. Parah Sudah Terlambat,Saya Kasih Susu Kaleng Cap Bendera,Mampus Deh Gww Aduhhhhhhhhhhh

    BalasHapus
  21. mau tanya dong SGM Ananda Presinutri bisa buat bayi kucing umur 2 minggu gak sih?:" tolong di jawab ya:"

    BalasHapus